Apa itu SEM

Published on March 24, 2021

Apa itu SEM

SEM adalah strategi menggunakan taktik berbayar untuk mendapatkan visibilitas di mesin pencari. Ini juga dikenal sebagai PPC (bayar per klik).

Berbeda dengan menggunakan taktik yang membantu peringkat situs web secara organik, SEM menggunakan platform periklanan PPC seperti Google Ads dan Bing Ads untuk menggunakan format iklan yang tersedia untuk menjangkau audiens target Anda.

Dan, sebagai taktik, ini melibatkan segalanya mulai dari menyiapkan dan mengoptimalkan iklan berbayar, hingga mengelola akun untuk meningkatkan konversi dan pengembalian.

SEM biasanya akan memulai kampanye dengan penelitian kata kunci yang komprehensif dan wawasan pesaing (yang dapat Anda lakukan dengan alat seperti perangkat periklanan PPC) untuk membuat kampanye bertarget yang menempatkan produk dan layanan mereka di depan audiens target.

Kampanye2 ini termasuk yang seperti:

• Search Ads (iklan teks)
• Shopping Ads (iklan belanja)
• Display Ads (iklan bergambar)
• Gmail Ads (iklan Gmail)
• YouTube Ads (iklan YouTube)

Ini semua adalah format berbeda yang tersedia di Google Ads – semuanya dapat membantu Anda menjangkau target pengguna.

Saat pengguna mencari istilah tertentu yang iklannya dijalankan oleh pengiklan, mereka akan melihat iklan khusus, biasanya di bagian atas SERP. Atau, dalam beberapa kasus, iklan belanja. Setiap kali iklan diklik, bisnis membayarnya.

Manfaat SEM

Dengan SEM, anda dapat mendorong klik dan konversi dalam waktu yang sangat singkat. Sementara dengan SEO, seringkali butuh waktu berbulan-bulan untuk melihat hasil yang nyata, Anda dapat mengambil kendali penuh atas kapan iklan ditampilkan dan kepada siapa mereka ditampilkan, membuat saluran sempurna untuk menguji strategi baru, mengirimkan lalu lintas ke obral, atau untuk mempercepat lalu lintas selama periode yang lebih tenang.

Kenyataannya adalah bahwa SEO dan SEM tidak boleh dilihat sebagai saluran yang terpisah dan, idealnya, harus dilihat sebagai dua bagian dari strategi digital yang lebih besar yang mendorong visibilitas, lalu lintas, dan konversi dari mesin telusur.